Hacker 101 : Introduction to The REAL Hacking Culture


Oleh mrfreedom



mrfreedom

Code Sayaian



oke guys, setelah kemarin membahas open source, saya mau membahas sebuah komunitas yang menjadi grass root (akar rumput) developer dari open source. yaitu.... Hacker!. sebelum saya memulai tolong buang jauh jauh pandangan bahwa hacker :

  1. Adalah orang yang membobol keamanan
  2. Adalah tukang bobol password facebook
  3. Orang melarat yang main-main pake kartu kredit orang

kalau anda berpandangan seperti itu anda punya 2 pilihan guys. pilihan pertama, silahkan lanjutkan baca sambil membenarkan pemikiran. yang kedua, kalau niat anda baca ini karena pengen jadi hacker yang melakukan 1 atau bahkan 3 dari kegiatan diatas.. i'll tell you to just go away.. shooh shooh.

note awal: artikel ini terinspirasi dari HACKER-HOW TO yang dibuat oleh Eric S Raymond di website nya. sebenernya saya pengen translate ke indonesia cuma belum nemu waktu hehe. kalau ada yang mau translate.. ini linknya : http://catb.org/~esr/faqs/hacker-howto.html [1] . artikel ini bisa jadi terjemahan non resmi dan menggunakan bahasa kultural yang bertahap. bahasa keren nya, saya coba divide et conquer nerjemahin artikel nya.. hehe

oke kita mulai ya guys, kalau dirunut dari sejarahnya, jaman bill gates masih ngutak atik mesin sekolah nya buat bikin game tic tac toe , apa yang dilakukan bill gates itu yang disebut Hacking. ya, sekedar mengoperasikan komputer jaman dulu bisa disebut hacking, apalagi membuat program. yap, Hack pada dasarnya bisa disamaartikan dengan kata to Build atau membangun yang berhubungan dengan teknologi. tapi lebih ke arah yang.. bahasa ingrisnya itu geek. jadi kalau kita persempit ranahnya menjadi computer hacking, artinya adalah mengembangkan computer ke tahap yang lebih baik dan tentunya hacker ini punya culture.. dan culture yang mendasarinya adalah openness to share atau keterbukaan. karena pada dasarnya mereka adalah orang yang ngoding karena mereka suka dan karena mereka merasa punya ide untuk memajukan dunia komputer.. dan dengan penuh kesadaran mereka merasa tidak akan mampu mengubah dunia menjadi lebih maju tanpa keterbukaan. sebagian mereka menerima nasib menjadi enggak terkenal loh.. kaya misalnya Dennis Ritchie. ada yang kenal? well dia adalah pembuat bahasa C dan juga Unix ! bayangkan kalo nih si om Dennis berpikiran komersil? atau Tim Berners Lee? dia penemu internet.. kita pake windows kita kenal si Bill, tapi kita pake internet, ngoding pake C/C++/C#....

sudah ada gambaran tentang Hacker dan Hacking? atau malah jadi lebih bureng? nah berikut ini step step menjadi hacker yang ada di HOW-TO nya om Eric:

1. belajar ngoding :
anda sudah berada di codesaya! well at least you try to accomplish this first step! . isn't that good? . kalau anda ingin jadi hacker (yang bukan maling abal abal tentu saja) dan anda berada di codesaya, anda harus merasa bangga karena paling tidak anda akan menyelesaikan langkah pertama. kalau anda gagal memahami PHP apalagi javascript, atau memahami tapi gak dapat pemahaman tentang fundamental yang ada dalam pemrograman, saya rekomendasikan anda baca baca tentang Python. ada banyak argumen yang ingin saya sampaikan kenapa Python akan lebih mudah menjadi awal pembelajaran. tapi intinya adalah, belajar melalui python  bisa membuat kita fokus ngurusin logika dan bukanya tanda tanda. python tidak mengenal dollar sign ($) untuk variabel ataupun titik koma (;) ataupun tanda curly brackets untuk class/fungsi. ya membaca python benar benar seperti membaca tulisan karena Python mementingkan Readability. jadi bisa anda manfaatkan untuk benar benar bisa memfokuskan pada logika pemrograman. dan juga ngelatih buat nulis rapih karena fungsi dan kelas harus menggunakan Indentasi yang benar. layaknya belajar bahasa apapun. selain anda belajar baca dari teksbook, anda harus baca in-action nya (misal kalau bahasa ingris ya latian baca novel ingris) dan juga anda harus belajar menulis dan bukan menggarap soal di text book. di pemrograman ini bisa disamakan dengan a) baca source code program yang udah jadi b) ngoding program .  ketika anda ngikuti pola belajar ini juga, diharapkan anda sadar betapa pentingnya budaya open source. oh iya keuntungan lain belajar pemrograman adalah... Programmer adalah magician abad kekinian. programmer bisa melakukan apa saja yang mereka bayangkan mereka bisa lakukan. saya pernah main main, karena males ngisi kuisioner dari kampus yang puluhan pertanyaanya, saya buka console javascript di Google Chrome, nulis script bentar buat ngisi seluruh kuisioner. and.. boom, semua kuisioner terisi semua tanpa saya harus brute-force clicking (click2 gaje) kaya temen saya hehe.

2. Install sistem operasi yang open-source 

well, sudah jelas kan dari penjelasan saya diatas. basis filosofis hacker adalah freedom. gak ada yang lain. bahkan hacker yang melenceng atau sebut saja cracker (yang ga ecek2 ya tentu saja) melakukan sesuatu atas dasar filosofis itu. freedom. bahwasanya you own the computer, you can do anything with it. without any stupid restriction. masa mahal mahal beli komputer, pas di install OS dibatasin mau ngapain. di Unix/Linux aja sampe daleman dalemanya boleh diubah (kalo paham) haha. Hacker adalah penggerak utama dari budaya open source ini karena mereka sendiri adalah pengguna sekaligus orang yang selalu penasaran sejauh mana dunia computing bisa dibawa. dan mereka terapkan, lalu share ide ide revolusioner mereka ke forum forum yang ada lalu coba implementasikan bersama.

3. Belajar menggunakan Internet dan HTML

hmm sebenernya part yang ini saya kurang begitu paham kenapa masuk, tapi yang saya tangkap adalah yaa kalau pake internet gak perlu dijelasin lah ya. yang saya tangkap adalah kita harus punya cara untuk mempresentasikan ide ide kita. mungkin jaman sekarang bisa dengan facebook. tapi ketika sudah berkembang jauh dan mulai banyak yang dikerjakan.. pindah ke GitHub.. dan pasti suatu saat kita butuh website untuk mempresentasikan siapa kita. nah disinilah pengetahuan tentang HTML diperlukan.

4. Belajar bahasa ingris

Ini bro yang penting. seriusan. kalau argumen dari Eric Raymond adalah bahwasanya hacker harus saling berkomunikasi dan menggunakan komunikasi.dan harus selalu berpikiran bahwa dari kode yang dituliskan nya bisa saja digarap lebih lanjut oleh orang luar. maka dari itu kita perlu bahasa ingris. Linus travolds pencipta linux, pada saat awal dia ciptakan linux tentu saja gak ada bayangan bakal kaya sekarang, tapi dia memberi komen pada kode nya menggunakan bahasa ingris. sebenernya saya punya argumen yang lebih fundamental. yaitu bahwasanya kita sedang melangkah didalam industri yang geraknya sangat cepat dan dinamis. dan yang menggerakan itu adalah seluruh dunia.. maka dari itu ada saatnya textbook textbook di indonesia akan cepat kadaluarsa. misal saja, saya masih liat buku buku tentang framework CI versi 1.7 beredar.. padahal sekarang kalau gak salah udah versi 3. juga buku javascript yang ECMA script nya entah versi berapa yang sekarang udah versi 6. bukan nya menjadi tidak penting.. tetap penting buku untuk kita menggali dasar kalau memang masih susah memahami buku bahasa ingris. tapi pada implementasi akhir pasti kita akan berhadapan dengan documentation, source code, atau entah ressource apapun yang berhubungan dengan bahasa ingris. 

oke segitu dulu tulisan saya. versi ini mungkin terlihat lebih panjang dari versi aslinya Eric Raymond. saya cuma mencoba menjabarkan lebih. now... 

ARE YOU READY TO HACK? 

oh ada bonus tips nih. kalau kalian ketemu orang yang ngaku hacker yang katanya bisa hack akun fb gitu gitu cukup tanyain ini : " Mas paham HTML,Javascript,Linux?" . kalau jawab enggak.. i dare you.. LEAVE THE IDIOT!. kalau jawab iya baru deh monggoh diajak diskusi lebih lanjut :)

Level artikel ini adalah beginner.
Dituliskan oleh mrfreedom pada 20 Agustus 2015 dan telah dibaca sebanyak 17353 kali.

Beri Jempol · 130 jempol

berlangganan komentar



Komentar:

januridp
300
188
· 4 tahun, 3 bulan yang lalu · 2 jempol

cihuy mantap nih tulisannya, kasih jempol dah buat om mrfreedom hehe :-D

abrahamSN
123
0
· 4 tahun, 3 bulan yang lalu · 2 jempol

ya bagus.. :3 biar gak banyak yang hacker wanna be, lammer, scriptkiddies. :v

sakdan
171
28
· 4 tahun, 2 bulan yang lalu · 0 jempol

keren  tambahil html5 dong di code saya agar lebih bnyak yg d pelajarin

Willy209
10
0
· 4 tahun, 2 bulan yang lalu · 0 jempol

Ajarin AKu dong cara cara hack memakai CMD
Pliss Master !!!

k98w
192
0
· 4 tahun, 1 bulan yang lalu · 0 jempol

wih, thanks gan, saya jadi terinspirasi (y)
Kayaknya saya kurang di bahasa Inggris sama Install OS Open Source....

codezz
170
1
· 4 tahun, 1 bulan yang lalu · 0 jempol

I just know a little bit of Linux and JavaScript is one of my weakness in programming language...

Anw, good article bro

lubna
300
0
· 3 tahun, 4 bulan yang lalu · 0 jempol

@k98w sama gan

ur__DNA
131
52
· 3 tahun, 3 bulan yang lalu · 1 jempol

Ini artikel pertama yg ngarahin saya ke website ini. Padahal keyword saya waktu search di google "cara komunikasi hacker" ealah... malah keterusan belajar di codesaya.com thx all.

mufidhadi
300
1
· 3 tahun, 3 bulan yang lalu · 2 jempol

pada dasarnya hacking adalah kegiatan untuk membangun dunia menjadi lebih baik. dengan membuat sistem yang lebih baik. bukan sok jago "membobol" sistem orang untuk pamer dengan modal copas dan jiplak tutorial instant tanpa paham algoritmanya.
hacker gak selalu harus seorang anonim yang membongkar sistem orang kayak di film-film.
semoga script kiddies di luar sana segera sadar dan mulai belajar jadi hacker sejati yang mampu mencerahkan masa depan teknologi.

arietmatika
300
67
· 3 tahun, 2 bulan yang lalu · 2 jempol

Kebanyakan orang Indonesia salah mengartikan arti HACKER, banyak yang berfikir itu kegiatan tidak baik, mungkin karna terlalu banyaknya film yang mendeskripsikan demikian, btw, sekarang juga banyak banget script kiddies yang cuma mau cepet bisa ngehack, gatau algoritmanya, cuma install tools, ikutin tutorial hasil googling, bisa sql injection udah ngaku hekel jago, the real hacker won't tell anyone that she/he is an hacker, hacking ada kode etiknya bukan cuma deface sembarangan dipajang bawa nama bangsa, kadang malu sama sesama orang indonesia, well itulah budaya kita semoga kita bisa membantu para "noob" itu agar bisa jadi ggwp salah satunya dengan menguasai coding. dan untuk belajar ngoding sekarang udah ada tempat mudahnya dan GRATIS, yak. di CodeSaya.com :D

adibikar
98
4
· 3 tahun, 1 bulan yang lalu · 1 jempol

keren artikelnya bang. gw tungu lanjutannya

henhen
135
0
· 3 tahun yang lalu · 0 jempol

jempol dah mas

Pembuat_Masalah
170
0
· 2 tahun, 10 bulan yang lalu · 0 jempol

woowww...  baguss..  saya suka pembahasan ini..  saya memang udah tau hacker buka selalu peretas jahat.. tapi habis baca ini jadi lebih ngerti semuanya...  thanks...  you're the best

B1NTO5
62
2
· 2 tahun, 9 bulan yang lalu · 0 jempol

thank's om freedom
hehehhe

ahdaa
182
4
· 2 tahun, 5 bulan yang lalu · 0 jempol

Pembuat_Masalah (Mohammad alimul adin pramono)

thepaduka08
2
0
· 1 tahun, 11 bulan yang lalu · 0 jempol

Keren....tapi saya masih belom mudeng sama html,javascript,linux dan kawan kawannya hehe....baru belajar

SoloFORCE
246
0
· 1 tahun, 9 bulan yang lalu · 0 jempol

ada 1 step yang kurang, yaitu latihan dan praktek.
ada banyak CTF website yang dapat digunakan untuk melatih dan mempraktekan hacking yang aman dan legal.

alimyuparham
163
0
· 1 tahun, 5 bulan yang lalu · 0 jempol

mantap, terimah kasih atas artikelnya

Silahkan masuk untuk menulis artikel atau komentar.




Artikel Lainnya


Ganis

30 September 2015

Bagaimana Seorang Coder Newbie Bisa Meningkatkan Kemampuannya

Umumnya seseorang yang ingin belajar coding atau programming saat memulai belajar akan membaca buku atau mengikuti tutorial. Tapi apakah setelah anda selesai melakukannya, apakah artinya anda sudah mahir dalam coding ...

Lanjutkan membaca

14 menit bacaan · beginner



thomhert

15 Agustus 2015

WebRTC - Audio/Video Conference berbasis Web

Salah satu software/aplikasi audio/video (A/V) conference yang paling terkenal saat ini di khalayak umum adalah Skype; sebuah software gratis dari microsoft. Prosesnya mudah: unduh, instal, dan pakai ...

Lanjutkan membaca

4 menit bacaan · beginner