Kenapa Open Source ?


Oleh mrfreedom



mrfreedom

Code Sayaian



Halo codesaya. well, kenalkan saya cuma orang kebetulan lewat website ini dan kebetulan juga sangat mencintai dan sangat tertarik dengan open source. saya suka menyebarkan "virus2" untuk memulai menggunakan open source. 

Free as in Freedom 
saya ingin mengawali dulu kenapa sebuah source code harus terbuka menurut saya.
saya ingin mengutip kalimat dari Richard Stallman (my hero, beliau pendiri Free Software Foundation), kalimatnya begini kurang lebih "source-code sebuah software adalah layakna resep makanan. akan semakin banyak makanan enak ketika semua orang bisa bermain-main dengan resep itu" . simbah Richard ini sering mengibaratkan software layakna sebuah makanan. kadang juga dia mengibaratkan software itu sebuah temuan ilmiah. bisa kita bayangkan misalkan Einstein atau Newton me-matenkan temuan temuan nya. kira kira apa yang terjadi? penyebaran ilmu pengetahuan akan semakin lambat. begitu pula lah dalam dunia computer science. bisakah kita pungkiri justru media media terbuka yang membuat ilmu pengetahuan itu berkembang? website seperti code saya dimana ada fasilitas terbuka untuk belajar programming misalnya, facebook , internet secara umum. ya, internet itu ditemukan bukan sudah ada dari sono nya dan silahkan dibayangkan kalau sistem internet ini dipatenkan.

dampak lain dari ini adalah ketidakbebasan user untuk berkreasi ria dengan software tersebut. maksud saya adalah, anda beli buku, anda beli pulpen. mau anda coret itu buku model gimana pake pulpen, atau mau digunting gunting. itu termasuk dalam hak anda. tapi bagaimana dengan software. pertanyaan terbesar saya untuk segala software closed-source adalah : kenapa saya harus membeli software anda tapi tidak seuutuhnya memiliki softwarenya. hanya luanya saja. ibarat pasangan udah ijab qabul masih aja gak boleh liat dalem nya. kan pembelian sama aja ada ijab nya. logika sederhana saya mau gak mau menganggap haram untuk menjual software tapi tidak meng-include kan source code nya.

memang ada clash atau perbedaan antara paradigma yang dikembangkan simbah Richard (Free Software) dengan paradigma Open Source. tapi untuk memudahkan pemahaman akan saya simpelkan perbedaanya. perbedaanya adalah bahwa RIchard menginginkan software itu gratis tis tanpa dipungut bayaran. bukan berarti tidak menghargai author. author dihargai dan hak intelektualnya diakui sama seperti EInstein adalah penemu teori E=mc^2 dan nama Einstein akan terpatri sepanjang sejarah. Open source dilain sisi tidak mengharuskan sebuah penggratisan (yang sering disalahpahami orang) . Open source hanya masalah ketersediaan source code dalam bundling software anda. ya! open source ada yang berbayar? jelas ada! . bolehkah saya mendevelop sebuah aplikasi open-source namun menjualnya? apakah itu akan menyalahi definisi open-source ? tidak!. justru dengan menginclude kan source code program dari software anda anda sudah menyelesaikan tugas anda sebagai penjual. dan juga anda memungkinkan ribuan orang belajar dari code anda ketika anda memilih untuk menggratiskan software anda. 

Kalau anda tanya saya cara paling pintas untuk menjadi developer software handal? adalah dengan melihat source code program orang lain yang sudah jadi. dalam buku hampir dipastikan anda belajar dari contoh contoh simpel. dan dengan contoh contoh simpel kalau anda mau mulai belajar ngoding buat software beneran from scratch anda akan susah. cara terbaik memastikan proses belajar anda untuk dasar pemrograman sudah selesai adalah memiliki kemampuan untuk membaca source code. dari source code anda akan belajar design program untuk memecahkan permasalahan nyata, kenapa suatu keputusan diambil, kenapa ketika adda banyak cara salah satu cara diambil dan kenapa cara itu dianggap tepat. anda akan mendapatkan itu semua ketika mulai membaca source code dan mulai bergabung dengan mereka. lebih keren nya lagi komunitas ini biasanya menandai bug yang biasanya dianggap mudah diselesaikan oleh newbie. jadi kesimpulanya , semakin banyak source code tersebar semakin lebar dan luas kesempatan orang untuk belajar ilmu pemrograman. terlebih lagi semakin cepat aplikasi anda berkembang. kalau anda setuju bahwa ilmu harus bisa dinikmati semua orang mari mulai beralih ke open-source.

Lastly, sebenarnya saya lebih setuju dengan pemaparan Richard ketimbang dari open source, saya lebih setuju bahwa software adalah seharusnya gratis dan terbuka. layakna temuan2 ilmiah oleh Einstein ataupun Newton. Open Source masih belum sepenuhnya menghargai masalah ini . tapi closed-source.. bagi saya adalah kejahatan ilmiah. namun saya sadar akan sangat susah menyebarkan pemahaman Free Software ini (karena Open Source saja sudah susah disebarkan). jadi saya lebih sering menulis tentang open source.

terimakasih jika anda sudah mau membaca sampai sejauh ini.

Level artikel ini adalah beginner.
Dituliskan oleh mrfreedom pada 13 Agustus 2015 dan telah dibaca sebanyak 4264 kali.
Tag: free software, open source, simbahRichardStallman

Beri Jempol · 12 jempol

berlangganan komentar



Komentar:

abifaizal15
128
0
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 1 jempol

saya sangat setuju dengan pendapat anda :) artikel yang menarik (y)

citizenkidd
28
5
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 1 jempol

Tapi menurut ane ada lubang yang sangat besar kalau si pembuat software tersebut membagikan scriptnya secara terbuka. Bisa saja kode yang dia bagikan dipatenkan oleh pihak lain dan pihak tersebut meraup keuntungan yang bisa dikatakan haram.
Kita ambil contoh penemuan" benda di abad 19 dan 20, ane pernah baca bahwa Thomas Alfa Edison sang penemu bola lampu ternyata tidak sepenuhnya bohlam itu original karya miliknya. Sudah ada yang terlebih dahulu membuat protipe atau dalam kasus agan Software BETA misalnya. Nah apakah kasus seperti ini tindakan yang dilakukan TAE itu bisa dikatakan terpuji/benar? Memang sih dia itu mengembangkan karya orang lain dengan hasil pemikiran dia sendiri, tapi seharusnya dalam patennya itu dia mencantumkan nama penemu prototipe bohlam tersebut.

Sekian.. Mohon maaf kalo contoh yang ane ambil kurang memiliki bukti yang kuat.

mrfreedom
56
0
penulis
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 2 jempol

@mas citizen. nah untuk itulah kenapa tetep ada LICENSE. LICENSE itu punya batasan mas. mas udah pernah coba basa isi license nya GPL atau LGPL? :) disitu ada keterangan untuk menutup lubang yang mas maksud itu  ;)

ganis
198
782
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 3 jempol

Kami sangat berterimakasih dengan komunitas open source karena 100% SEMUA komponen di CodeSaya menggunakan software open-source. Semoga suatu saat CodeSaya bisa berkontribusi balik ke komunitas open source dengan meng-open source kan code dan tools internal kami.

Dengan semangat yang mirip dengan open source, CodeSaya juga lahir. Yaitu membagi dan menyebarkan ilmu coding dan IT tanpa batas secara gratis..!!

ganis
198
782
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 2 jempol

@citizenkidd ah, yang anda maksud adalah Nikola Tesla. Katanya Thomas Alfa Edison mengambil hasil karyanya Tesla.

Menurut hemat saya, mau meng-open source, meng-free source kan, atau justru malah memproteksi dengan paten tidaklah masalah. (Selama tentunya patennya masuk akal, gak seperti Apple yang 'slide to unlock' aja dipermasalahin). Karena orang/perusahaan mempunyai kepentingan dan kebutuhan masing-masing. Yang penting adalah kita berkarya! Tidak mencuri dan melakukan pelanggaran peraturan yang lainnya.

citizenkidd
28
5
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 1 jempol

Ah yess.. Btw N.Tesla is a very genius man and yet, yang tau hanya sedikit.

ganis
198
782
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 0 jempol

Betul sekali, maka karena itu saya sangat senang sekali saat Elon Musk menamai salh satu perusahaannya Tesla alih-alih Edison misalnya ^^

mrfreedom
56
0
penulis
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 3 jempol

saya tau kok tentang Tesla dan Edison itu, malah ada satu lagi kalau kata dosen saya. yaitu ada yang pernah bikin yang mirip dengan telepon sebelum Graham Bell. tapi belum pernah baca ceritanya kalau yang ini hehe

sebenernya menurut saya ya itu, banyak orang terlalu ignorant dan enggak mau mengerti. kalau mau cari info di Open Source Definition itu kalau ga salah ada cara cara yang memungkinkan untuk berbisnis sambil ber open-source. contoh yang pertama melakukan ya red hat. red hat itu sistem operasi yang berbayar tapi terbuka. berbayar itu untuk bayar full-time service dari red-hat ke user nya. misal kita ngalami masalah, kalau distro linux lain kan minta bantuanya ke community, nah red-hat ini menawarkan service 24 jam. disitulah bayarnya. ada banyak yang lain kok model model bisnis open source. cuma ya itu, orang kita banyak yang ignorant dan cuma cari penjelasan simpelnya aja haha

mrfreedom
56
0
penulis
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 2 jempol

anwy, mas ganis saya suka platform nya, apalagi setelah ditambah fitur artikel hehe :) ijin nulis nulis random disini ya suhu 

ganis
198
782
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 2 jempol

@mrfreedom haha iya saya juga makasih banyak anda bersedia menulis di CS. Bagaimana pengalaman menulis di sini?

Anyway, jangan nulis yg random2 dong hahaha.. jus kidding.. tulis yg bagus kayak artikel seperti yg anda tulis ini nih. Di sini banyak yang baru belajar coding, kalo anda tanamkan open source sejak awal ke mereka, semoga open source di Indonesia semakin maju..!! Aamiin..

mrfreedom
56
0
penulis
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 1 jempol

i'll definitely write some other article mas hehe

haha tenang aja mas :) anyway.. saya yang ngerasa kurang dari platform nya itu penjelasan mengenai apa ya namanya. Gerbang Logika gitu mas. masalah True sama False. waktu nyoba di php sih. kan itu ada yang masalah kurang dari lebih dari.. bisa ditambahin mas soal tentang True or False. misal soalnya:

5 > 6 && True akan menghasilkan nilai? ...
nah ini kan kelihatan simpel tapi menjebak menurut saya hehe atau sudah ada tapi  saya yang kurang teliti ya?

mrfreedom
56
0
penulis
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 2 jempol

oh iya... kalau feature yang menurut saya bisa ditambahin di nulisnya itu.. fitur footnote mas, biar tambah ketje hehe. biar lebih terpisah gitu link referensi sama tulisanya hehe

cahyotris22
1
0
· 4 tahun, 11 bulan yang lalu · 1 jempol

nice inpoh untuk saya yang baru belajar dan bergabung disini

Silahkan masuk untuk menulis artikel atau komentar.




Artikel Lainnya


thomhert

15 Agustus 2015

WebRTC - Audio/Video Conference berbasis Web

Salah satu software/aplikasi audio/video (A/V) conference yang paling terkenal saat ini di khalayak umum adalah Skype; sebuah software gratis dari microsoft. Prosesnya mudah: unduh, instal, dan pakai ...

Lanjutkan membaca

4 menit bacaan · beginner



Ganis

4 Agustus 2015

Hargailah member anda, amankan password mereka!

Beberapa waktu yang lalu saya menghubungi support dari penyedia domain saya untuk meminta bantuan lewat chat. Sebagai autentikasinya, operator meminta saya menuliskan 3 huruf terakhir dari password saya. Hal ini ...

Lanjutkan membaca

10 menit bacaan · beginner