Dunia Programming, Jalur Akademik atau Sertifikasi?

Oleh ededen31 300 5 pada Kamis, 15 Sep. 2016, 15:32:17


Kembali ke forum grup


Petunjuk Diskusi
Silahkan masuk untuk berdiskusi



Agan-agan sebangsa, dengan budget dan waktu yang terbatas, menurut agan, manakah cara yang lebih efektif untuk menjadi seorang yang ahli dalam web development/programming, apakah melalui jalur akademik (kuliah) atau dengan mengambil sebuah course dan sertifikasi? Dan manakah yang memiliki peluang lebih besar untuk mendatangkan penghasilan?
1 jempol




AkmaLullah
175
3
· 6 tahun, 6 bulan yang lalu · 1 jempol

Pertanyaan yang sulit :D , Kalo menurut saya mending ambil akademik jurusan Sistem Informasi . karena selain diajari mengenai web kita juga bisa dapat ilmu lainnya yang cukup"menarik" memang waktu cukup lama sekitar 4 tahun untuk menyelesaikan study . Tapi Hasil akhirnya kita bisa menguasai 2 sampai 3 bahasa pemograman sekaligus :D. Kalau budget mungkin tidak terlalu jauh bedanya baik kursus maupun kuliah tapi hasil akhirnya yang berbeda .

bramanto
300
1146
· 6 tahun, 6 bulan yang lalu · 5 jempol

Hai coder @ededen31. Pertanyaan yang bagus !.  Mungkin beberapa coder disini mempunyai pertanyaan yang serupa. Untuk menjadi seorang yang ahli dalam web development/programming ada berbagai banyak cara. Seperti kata pribahasa "Banyak Jalan Menuju Roma". Cara yang dituliskan coder @ededen31 dan coder @AkmaLullah merupakan beberapa cara. 

1. Jalur akademik (kuliah) ini merupakan sesuatu yang sangat penting menurut saya, apalagi di negara kita status pendidikan sangat diperlukan dalam berbagai pekerjaan. Ada baikNya kita menyelesaikan pendidikan bangku kuliah D3 / S1 misalNya. Tidak hanya ilmu pendidikan yang kita dapat disana, namun juga pengetahuan baru ketika kita bersosialisasi dengan dunia kampus (temanĀ² kampus, dosen, prof, dll)

2. Mengambil sebuah course dan sertifikasi. Menurut saya ini sangat penting sekali ketika kita tidak mengambil jalur akademik. Karena dengan mengikuti course dan sertifikasi. Pengetahuan dan keterampilan kita akan bertambah, tidak hanya itu kita dapat memiliki sebuah keterangan (sertifikat) yang menyatakan kita mampu menyelesaikan course / tugas tersebut. (Ini merupakan pilihan opsional ketika kita sudah mengambil jalur akademik, yaa sebagai nilai plus).

3. Dan manakah yang memiliki peluang lebih besar untuk mendatangkan penghasilan? Ini merupakan pertanyaan yang relatif. Karena kita tidak dapat memastikan betul apakah orang yang mengambil jalur akademik itu ahli / hebat. Begitu pula orang yang hanya mengambil sertifikasi itu ahli/hebat. Jadi menurut saya, point ketiga ini tergantung kepada kemampuan dan pengetahuan individuNya masingĀ².

Mungkin ada saran ataupun pendapat terbaikNya dibawah saya ini ^_^

ededen31
300
5
penanya
· 6 tahun, 6 bulan yang lalu · 0 jempol

Terimakasih semua atas sarannya.