Apa Itu JSON?


Oleh Septian Adhi Tama (TamaTamvan)



Septian Adhi Tama

Tamvan dan berani . . .

@TamaAdhi1
https://tamatamvan.web.id


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan berbagi mengenai sebuah bahasa atau format yang digunakan untuk menyimpan dan melakukan pertukaran data, yaitu JSON. JSON sendiri saat ini banyak digunakan dalam penerapan pemrograman AJAX sebagai alternatif dari penggunaan XML.

Pengertian JSON

JSON : JavaScript Object Notations

JSON merupakan suatu syntax atau format untuk menyimpan data atau digunakan dalam sebuah proses pertukaran data.

JSON merupakan sebuah format penukaran data yang mudah dibaca da ditulis oleh manusia, serta mudah diterjemahkan serta dibuat (generate) oleh komputer. Format ini dibuat berdasarkan bagian dari Bahasa Pemprograman JavaScript, Standar ECMA-262 Edisi ke-3 - Desember 1999. JSON merupakan format teks yang tidak bergantung pada bahasa pemprograman apapun karena menggunakan gaya bahasa yang umum digunakan oleh programmer keluarga C termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python dll. Oleh karena sifat-sifat tersebut, menjadikan JSON ideal sebagai bahasa pertukaran-data.

JSON terbuat dari dua struktur utama, yaitu:

  • Kumpulan pasangan nama/nilai. Pada beberapa bahasa, hal ini dinyatakan sebagai objek (object), rekaman (record), struktur (struct), kamus (dictionary), tabel hash (hash table), daftar berkunci (keyed list), atau associative array.
  • Daftar nilai terurutkan (an ordered list of values). Pada kebanyakan bahasa, hal ini dinyatakan sebagai larik (array), vektor (vector), daftar (list), atau urutan (sequence).

Struktur-struktur data ini disebut sebagai struktur data universal. Pada dasarnya, semua bahasa pemprograman moderen mendukung struktur data ini dalam bentuk yang sama maupun berlainan. Hal ini pantas disebut demikian karena format data mudah dipertukarkan dengan bahasa-bahasa pemprograman yang juga berdasarkan pada struktur data ini.

Contoh Sintaks Script JSON

{"siswa":[
    {"Nama":"Tama", "Umur":"17"},
    {"Nama":"Adhi", "Umur":"17"},
    {"Nama":"Septian", "Umur":"18"}
]}

Penggunaan JSON Sebagai Objek pada JavaScript

Format yang digunakan JSON secara sintaks indentik aatau memiliki kesamaan dengan code yang digunakan JavaScript untuk membuat sebuah objek.

Karena kesamaan inilah dibandingkan dengan menggunakan parser (seperti yang dilakukan XML) sebuah program JavaScript dapat menggunakan function JavaScipt Standard untuk mengubah data pada JSON menjadi sebuah objek asli JavaScript. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menjadikan JSON sebagai alternatif yang lebih baik dibandingkan XML sebagai bahasa format pernyimpanan dan pertukaran data.

Keunggulan JSON

JSON memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan XML terutama dapat penggunaan apikasi AJAX. Beberapa kelebihan JSON antara lain :

  • JSON lebih ringkas, cepat, dan mudah.
  • JSON tidak menggunakan tag penutup
  • JSON lebih cepat untuk dibaca dan ditulis
  • JSON dapat menggunakan array
  • JSON tidak perlu menggunakan parser khusus untuk diubah menjadi sebuah objek, melainkan hanya perlu menggunakan function default dari JavaScript.

Nah, itu tadi sekilah tentang Pengertian, Penggunaan, dan Keunggulan JSON. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada pertanyaan, kritik, atau saran, silakan untuk anda sampaikan melalui kolom komentar dibawah ini.

Terimakasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Referensi :

Kunjungi dan Baca Artikel lain di Website Saya di : TamaTamvan's Note

Level artikel ini adalah beginner.
Dituliskan oleh Septian Adhi Tama (TamaTamvan) pada 17 Desember 2015 dan telah dibaca sebanyak 5415 kali.
Tag: javascript, JSON

Beri Jempol · 8 jempol

berlangganan komentar



Komentar:

infoku
51
0
· 3 tahun, 2 bulan yang lalu · 2 jempol

OM tanya dong bagaimana cara membiat if else dengan memanfaatkan output dari JSON yang diambil dari websocket.. 
thank you :)

mufidhadi
300
1
· 2 tahun, 6 bulan yang lalu · 1 jempol

tengkyu bnget udah nulis tentang JSON, dari dulu udah penasaran bgt kenapa kok penulisannya mirip sama javascript

Silahkan masuk untuk menulis artikel atau komentar.




Artikel Lainnya


Ganis

22 Desember 2015

Kenapa Kita Membutuhkan Cloud Computing

Pada artikel sebelumnya, saya menuliskan tentang virtualisasi hardware yang merupakan salah satu teknologi di cloud computing. Tetapi saya sendiri belum menjelaskan apa itu cloud computing. Maka karena itu di kesempatan ...

Lanjutkan membaca

12 menit bacaan · beginner



Athif Humam

20 Oktober 2015

Kelebihan dan Kekurangan CodeSaya

Halo guys......

Saya pengen berbagi pengalaman.... ada begitu banyak kelebihan dan sedikit kekurangan dari Codesaya yang mungkin bisa diperbaiki. Langsung saja kita bahas :

Kelebihan

  1.  Mudah di pahami, apalagi orang indonesia ...
Lanjutkan membaca

3 menit bacaan