Bagaimana mengidentifikasi CMS yang digunakan pada sebuah situs website?


Oleh Irwansyah (irwansyah)



Irwansyah

musafir ilmu

@irwan_oc


Selamat siang coder - coder hebat....

Sebagai seorang pengrajin web kita sering kepo melihat website-website yang pernah kita kunjungi, hal pertama yang ingin kita ketahui dari website tersebut adalah Framework apa yang di gunakan? CMS kah? atau PHP murni hasil kresasi original si pengembangnya?

Dengan Bantuan ctrl + u biasanya saya coba baca page source di web tersebut, untuk mengetahui platfromnya terkadang kita tak menemukannya .

Pengetahuan yang masih minim menganai hal tersebut membuat kita mencoba mencari-cari dengan bertanya dengan si mbah google. Alhamdullah saya dapatkan jawaban yang membantu. Berikut 5 Tools yang bisa digunakan untuk mengetaui CMS yang digunakan pada website.

yuk langsung ke ektensinya :
1. W3Techs

Memberikan informasi yang paling komprehensif mengatur tentang teknologi yang digunakan, itu juga alat yang paling efektif dalam pengujian kami untuk mengidentifikasi CMS yang digunakan. Alat ini dapat dicapai melalui halaman web atau digunakan sebagai bookmarklet, ekstensi browser atau link google berlangganan.

2. BuiltWith

Merupakan alat yang sangat kuat yang bahkan dalam versi gratis menunjukkan profil teknologi untuk diberikan sebuah website yang berisi informasi mengenai:

• Server, CMS dan kerangka yang digunakan
• Analytics dan sistem pelacakan yang digunakan
• informasi jaringan pengiriman konten, fungsi agregasi dan dokumen

Ini juga menyediakan profil SEO dengan dasar item SEO sebagai Metadata, Halaman Kata kunci atau Response Time. Skor SEO keseluruhan diberikan juga (sistem yang sangat mirip sebagai WebsiteGrader).

3. Wappalyzer , firefox and chrome

Adalah browser user-friendly add-on yang mengungkap teknologi yang digunakan di situs Web. Mendeteksi CMS dan e-commerce sistem, papan pesan, kerangka JavaScript, panel hosting, alat analisis dan banyak lagi. Ini menunjukkan hasil langsung di address bar atau di status bar.

4. CMS detektor

Mendeteksi CMS, framework dan teknologi yang digunakan oleh sebuah situs web. Alat ini akan menganalisa website dan  mendeteksi plaform, bahasa, framework dan teknologi lain yang digunakan untuk situs web apapun. Tidak ada plugin atau ekstensi yang dibutuhkan dan dapat bekerja dengan browser apapun!

5. Online web tool


Dan tentunya masih banyak lagi tools untuk bisa mengetahui CMS yang digunakan website yang kita kepoin ^.^

selamat mencoba , semoga bermanfaat .

happy coder...

CMS Analyzer :

sumber :

http://devnet.kentico.com/articles/how-to-identify-which-cms-is-used-on-a-website-

https://ngonoo.com/2012/02/010544/mengetahui-jenis-cms-suatu-website/

http://guess.scritch.org/

http://onlinewebtool.com/cmsdetector.php

https://wappalyzer.com/

http://builtwith.com/

http://w3techs.com/sites

Dituliskan oleh Irwansyah (irwansyah) pada 31 Januari 2017 dan telah dibaca sebanyak 3843 kali.
Tag: HTML, CMS, Website

Beri Jempol · 6 jempol

berlangganan komentar



Komentar:

Valliera
59
0
· 2 tahun, 2 bulan yang lalu · 0 jempol

Mantap gan

Silahkan masuk untuk menulis artikel atau komentar.




Artikel Lainnya


Irwansyah

27 September 2016

6 Langkah Awal Menjadi Programmer PHP

Kali ini saya ingin berbagi tentang langkah awal untuk menjadi seorang programmer PHP. Siapa sih yang tidak ingin menjadi programmer handal, apalagi mereka yang sudah terjun di dunia teknologi dan ...

Lanjutkan membaca

12 menit bacaan



Ganis

2 September 2016

Apa Yang Harus Saya Pelajari?

Ini adalah pertanyaan yang sering sekali ditanyakan di CodeSaya. "Bahasa coding apa yang harus saya pelajari?", atau "Saya harus mulai dari mana?", dan lain sebagainya. Well, jawabannya bergantung dengan apa ...

Lanjutkan membaca

4 menit bacaan · beginner